Tangerang Selatan

Cara Melatih Otak Kanan agar lebih Kreatif

Seperti yang di ketahui bahwa otak sebagai pusat informasi dan kegiatan kita merupakan organ yang paling vital. Sel-sel otak terdiri dari jutaan sel namun sebenarnya yang efektif digunakan saat kita kita berpikir keras hanyalah beberapa nol persen dari jumlah keseluruhan sel otak kita. Albert Einsten yang mana merupakan ilmuwan dunia pengembang fisika, hanya menggunakan 1% dari sel otaknya, salah satu ilmuwan yang cukup kreatif, dan bahkan hampir tiap saat memikirkan hal-hal baru.

Dibawah ini beberapa cara melatih otak kanan agar lebih kreatif :

  • Membiasakan aktif menjadi kidal dan juga kanan
Lakukan tugas dengan tangan non-dominan, Jika biasanya menggunakan tangan kidal(kiri) maka gunakan tangan kanan dan sebaliknya. Contohnya saat menggunakan Handphone, saat menulis, menggosok gigi, dan mengikat sepatu dengan arah berlawanan.
  • Membaca

Membaca dapat melenturkan otot-otot otak, baik bacaan yang ringan (seperti komik atau novel) maupun bacaan informasi.

  • Bermain puzzle atau teka-teki silang

Tambahkan strategi baru untuk mengefektifkan latihan otak, misalnya memecahkan teka-teki silang dengan tema yang tidak biasa.

  • Bermain permainan strategi

Permainan strategi seperti catur, monopoli atau game yang ada pada komputer lainnya, akan menggunakan otak kanan yang dapat membantu orang untuk lebih berpikir kreatif.

  • Ubah rutinitas

Mengubah rutinitas dan cara-cara hidup baru dapat mengaktifkan koneksi otak yang sebelumnya tidak aktif. Latihan yang bisa dilakukan misalnya, mandi dengan mata tertutup atau mengatur ulang kantor atau meja.

  • Menikmati musik

Para ahli merekomendasikan untuk mengaktifkan dua indera sekaligus, seperti mendengarkan musik dan mencium bunga.

  • Latihan fisik

Latihan fisik juga dapat meningkatkan kesehatan otak, karena dapat meningkatkan aliran darah ke otak. Latihan fisik dapat meningkatkan perhatian, penalaran dan memori.

  • Hidup sosial

Otak dapat dilatih dengan menjalani kehidupan sosial Anda, misalnya dengan mengunjungi teman.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close