HiburanHobiObrolan warga

LAKI HARUS PUNYA KERIS

Hobi mengkoleksi barang leluhur budaya seperti keris dan tombak diawali dari kepunyaan keris waktu remaja.Kepunyaan koleksinya sekarang ini sudah mencapai 900 ratusan keris dan senjata lainnya yang berada dikediamannya Karadenan, Bogor,” kata Karyawan Faturahman ( mantan wakil Bupati Bogor).

Foto.H.Karyawan Faturahman ( mantan wakil bupati bogor)
Foto.H.Karyawan Faturahman ( mantan wakil bupati bogor)

Keberadaan keris yang dikoleksinya ini berawal dari saat ia kedatangan tamu dari Lebak Banten yang ingin menemui dirinya untuk memberikan keris

tersebut. Mendapati seperti itu, Karyawan heran karena keris yang diterimanya itu diterima tanpa bayaran sama sekali. Dari sinilah banyak keris keris dan senjata lainnya berdatangan dengan sendirinya,” pungkasnya.

Saya tidak pernah membeli keris keris ini, melainkan orang yang sengaja datang dari berbagai daerah ingin menyerahkan keris tersebut,paling juga saya ganti dengan ongkos pulang,” ujarnya. Beberapa diantara keris dan senjata lainnya ia rawat dengan dikasih minyak, karena benda logam ini rentan berkarat.

Tidak ada yang istimewa dari benda ini karena memang keris keris ini ditempatkan di rak yang terbuat dari kayu biasa.Ia mengatakan, diantara keris lainnya ada keris Betok namanya yang terlihat sangat unik. Usia keris ini diyakini berusia 1600 tahun yang dibuat dengan tangan, tampak dibisa dilihat bekas sidik jari pembuatnya yang menempel di bilah keris,” ungkapnya.

Keris ini merupakan sebagai alat perlindungan dan juga simbol kekuatan bagi pemegang keris terdahulunya, jadi laki laki harus punya keris untuk terlihat sebagai pamornya dan wibawa,”jelasnya.Karyawan berharap ,semua keris keris yang dikoleksinya ini adalah sebagai saksi sejarah para pemimpin pemimpin di jamannya ,dan sangat memiliki eksotika dan keindahan dari Keris tersebut.( RYO)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close