DparadeLingkunganSerpong

Rekomendasi Penutupan TPA Cipecang

SerpongOnline.com – Pasca aksi demo yang dilakukan oleh forum masyarakat Serpong peduli (FORMASI) beserta warga Serpong terdampak TPA Cipeucang dua bulan yang lalu,  FORMASI kembali melakukan aksi,  dan aksi kali Ini dilakukan dengan melakukan kegiatan loka karya,  yang mengambil tema “Meramahkan TPA  Cipeucang dan menjadikan sampah sebagai sumber kesejahteraan”.

Loka karya tersebut dihadiri oleh puluhan peserta mulai dari  warga masyarakat Serpong terdampak langsung TPA Cipecang, warga perumahan elite BSD,  seperti Warga The Green,  Latinos bahkan warga perumahan yang secara geografis berada di wilayah Kabupaten Tangerang seperti The Icon dan Avani.

Saat Serpong Online menanyakan kepada Chris salah seorang warga komplek tersebut mengatakan bahwa mereka juga terkena dampak dari polusi bau TPA  Cipecang itu.

TPA CIPECANG

 

Saat moderator diskusi  Aby Wildan mengingatkan kepada DKPP terkait petisi yang berisi tuntunan penutupan TPA beberapa waktu lalu,  DKPP menyampaikan bahwa untuk menghilangkan bau 100% tentu belum bisa sekaligus saat ini. Setidaknya baru bisa meminimalisir bau yg ditimbulkan saja.

Sementara itu  mewakili Komisi 1 DPRD Tangsel, Taufik,  MA,  SE mengatakan bahwa  dirinya sangat memahami bagaimana dampak bau dari TPA Cipecang tersebut, oleh karenanya Ia mendorong kepada pihak DKPP  untuk melakukan perbaikan- perbaikan dalam sisi pengelolaan,  seperti pengelolaan TPA dengan tekhnologi canggih,  bila perlu memindahkan TPA  ke luar Tangsel.

Selain itu Acep yang mewakili LSM Lira juga memberikan beberapa solusi terkait Cipecang,  diantaranya penghijauan di area TPA untuk meminimalisir dampak bau
Di akhir acara loka karya yang diselenggarakan oleh FORMASI yang bekerja sama dengan DKPP kota Tangerang Selatan,  merekomendasikan beberapa hal  diantaranya,

  1.  Memberi kesempatan kepada DKPP untuk memperbaiki sistem pengelolaan TPA
  2.  Menutup dan memindahkan lokasi TPA tangsel ke luar tangsel dengan mengajak kerjasana pihak kota /kabupaten terdekat.
    Jika persoalan bau tidak dapat terselesaikan setelah terlebih dahulu dilakukan rehabilitasi
  3.  Menghidupkan TPST 3 R di setiap wilayah ke rw  an untuk meminimalisir penumpukan sampah di TPA cipecang.

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close