NasionalSeniSosial

MATRA AJAK PEDULI NILAI LELUHUR KEBUDAYAAN INDONESIA

(Jakarta). Organisasi MATRA ( Masyarakat  Adat Nusantara ) hadir menjadi jawaban semua pihak terhadap kepentingan bangsa dalam mempertahankan budaya Nusantara. Organisasi  yang didirikan oleh masyarakat dari berbagai latar belakang dan golongan. Disela acara yang diadakan di Kantor Kementerian Pariswisata, Senin ( 30 Januari 2017) ini merupakan silaturahmi antar keluarga bangsawan se Nusantara,

Masyarakat  Adat Nusantara 30 januari 2017
Masyarakat Adat Nusantara 30 januari 2017

cendikiawan, budayawan, aktivis pemuda serta mahasiswa.Matra yang diketuai  KPH ( Kanjeng Pangeran Haryo ) Wiroyudho menegaskan  untuk mempertahankan kebudayaan nusantara merupakan kewajiban bersama semua elemen masyarakat,”tegasnya.

Lebih lanjut, Masyarakat Adat Nusantara (Matra) hadir menjadi jawaban semua pihak terhadap kepentingan bangsa dalam mempertahankan budaya Nusantara  lainnya. Pada prinsipnya, Matra berdiri dengan sebuah refleksi  perjuangan untuk mempertahankan kebudayaan Nusantara bukan menjadi kelompok tertentu  kewajiban bersama semua elemen masyarakat,” paparnya.

Kendati  peranan Pemerintah sangatlah penting dalam membentuk kajian budaya maupun promosi yang  menjadi daya tarik masyarakat luas.Lebih lanjutnya KPH Wiroyudho menjelaskan  adat dan budaya merupakan  ajaran moral yang berbalut  ilmu pengetahuan, dan yang paling penting adalah ajaran spiritualitas baik dalam bentuk agama ataupun bentuk keyakinan,” tegasnya .

Diharapkan , Matra  mampu menjadi jalan bagi semua pihak yang ingin terlibat aktif dalam perjuangan dan tidak menutup kemungkinan bahwa pelestarian kebudayaan dapat menjadi salah asset dan pendapatan daerah ketika dikelola dengan baik   sebagai obyek wisata kebudayaan Nusantara,”Jelasnya. ( Ryo )

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close