EkonomiNasionalPolitikSosial

Pemerintah Daerah dan Rakyat Indonesia harus ingat Pernyataan Presiden Jokowi

Nasional, Serpongonline.com – Pernyataan Presiden Jokowi saat bertemu Aliansi Masyarakat Adat Nusantara di Istana Negara pada Rabu (22/3/2017) perlu diingat baik-baik oleh Pemerintah Daerah serta masyarakat Indonesia. Dalam pertemuan tersebut, dipenghujung pidatonya Presiden Jokowi mengatakan “Tapi juga jangan sampai ke persoalan-persoalan daerah dibawa ke saya, dikit-dikit ke saya, ndak lah”. Pernyataan ini ditujukan bukan saja untuk Aliansi Masyarakat Adat Nusantara, tapi kepada Pemerintah Daerah dan masyarakat Indonesia.

Dahlan Watihellu

Sangat benar pernyataan tersebut. Jokowi dipilih sebagai Presiden oleh para petani yang mengecor kaki di depan Istana dan masyarakat Indonesia secara keseluruhan untuk memimpin Indonesia, bukan memimpin daerah, walau pada kasus investasi membangun pabrik semen tersebut adalah sebuah perusahaan BUMN yang menuai perlawanan dan memakan korban seorang ibu petani.

Mungkin mereka para petani itu hanya menggunakan logika sederhana, mereka mengecor kaki di depan istana karena yang melakukan investasi di daerah mereka adalah sebuah perusahaan BUMN yang dikendalikan langsung oleh Presiden. Tapi, ya sudahlah, bagaimanapun juga Presiden telah mengeluarkan fatwa seperti itu,

Tapi juga jangan sampai ke persoalan-persoalan daerah dibawa ke saya, dikit-dikit ke saya, ndak lah“. Mungkin maksudnya, sebaiknya yang di bawa ke Presiden itu yang baik-baik saja.

Dengan demikian, kedepannya Presiden harus konsekwen kepada pemerintah Daerah dan rakyat Indonesia atas pernyataan tersebut. Presiden dan Mendagri jangan lagi seenaknya perintah-perintah Pemerintah Daerah apalagi masyarakat Indonesia. Biarkan Daerah bergerak dengan rakyatnya sendiri tanpa intervensi Presiden atau Mendagri. Selain itu prestasi baik yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah juga jangan diklaim sebagai prestasinya Presiden atau Mendagri.

Oleh :  Dahlan Watihellu

Dahlan Watihellu serpong

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close