Tangerang Selatan

Airin Rachmi Diany memantau gedung bintaro yang roboh

Serpongonline.com Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany memantau gedung kosong yang roboh di Kawasan Bintaro. Airin pun hari ini berencana akan memanggil pemilik gedung tersebut.

“Ini saya sedang di lokasi bersama tim ahli bangunan gedung. Jadi kita turun ke lapangan untuk mengumpulkan data dan mengecek,” ungkap Airin saat berbincang dengan detikcom, Jumat (3/6/2016).

Setelah mengecek ke lokasi yang berada di Sektor VII Kawasan Bintaro, Airin akan menggelar rapat. Ia juga memanggil PT Jaya Property sebagai pemilik awal gedung, dan Panin Bank yang dicatatan Pemkot merupakan pemilik gedung tua itu hingga saat ini.

“Kami ingin melihat kronologis, sebab mereka tidak ada izin pembongkaran, kita juga mau cek IMB. Jadi dari Jaya Property, dan Panin Bank. Dari polisi memang dikatakan sudah dibeli oleh Pak Haji itu, tapi di data kami masih milik Panin Bank,” jelasnya.

Dari keterangan polisi, gedung itu dibangun oleh Jaya Property pada tahun 1995-1996. Lalu pada tahun 2000 dibeli Panin Bank namun akhirnya pembangunan dihentikan karena miring sehingga tidak lulus uji kelayakan. Setelah lama terbengkelai, gedung itu dibeli oleh H Rozak, H Tulsiam, dan H Soleman.

Pada awal bulai Mei 2016, pemilik melakukan pembongkaran dan dikerjakan oleh sekitar 12 pekerja. Namun saat proses pembongkaran secara manual dilakukan, Kamis (3/6), sebagian bangunan roboh.

Lantas apakah Pemkot Tangsel akan memberikan sanksi kepada pemilik gedung?

“Ya, ada di aturan UU Bangunan Gedung dan Perda. Tapi intinya kami ingin melihat kronologis,” jawab Airin.

Meski begitu, politisi Golkar itu belum bisa memastikan apakah gedung tua tersebut akan dirobohkan semuanya. Airin mengatakan pihaknya masih menunggu rekomendasi dari tim ahli bangunan gedung.

“Tim ahli bangunan dan gedung yang bekerja, melibatkan tenaga profesional. Karena kalau di Tangsel untuk izin mendirikan dan merobohkan bangunan harus mendapat persetujan dari pemerintah dan sudah dianalisis oleh tim,” terang dia.

Soal lalu lintas di sekitar gedung yang dialihkan, menurut Airin hal tersebut tidak terlalu signifikan. Pasalnya jalur yang ditutup hanya yang menuju Pondok Aren dan masih ada alternatif melalui flyover.

“Ini saya di sini, tidak terlalu macet, karena yang ditutup hanya di bawah aja, kendaraan bisa naik ke flyover. Dan yang ditutup hanya satu jalur,” tutup Airin.

(elz/dha)

http://news.detik.com/berita/3224534/pantau-gedung-yang-roboh-di-bintaro-wali-kota-airin-akan-panggil-pemilik

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close