Hiburan

JMF Dorong Semangat Musisi Melayu Tanah Air

Jakarta, Tengokberita.com – Jakarta Melayu Festival (JMF) 2016 yang akan dihelat di Pantai Pasir Putih Ancol pada 20 Agustus 2016, merupakan gelaran yang kelima. Festival yang berisi kebudayaan Indonesia dan Melayu itu dijadikan momen yang tepat untuk musisi melayu untuk tetap eksis.

Pengamat musik Bens Leo menilai, adanya festival Melayu semacam ini, sangat dibutuhkan oleh musisi Melayu. “Festival-festival semacam ini sangat penting untuk mengakomodir musisi Melayu. Saya yakin, genre Melayu masih akan eksis apalagi banyak televisi yang menampilkan acara musik Melayu,” kata Bens Leo, Rabu (10/8/2016)

Yang paling penting adalah JMF kembali mempopulerkan budaya melayu. Geisz Chalifah selaku produser acara JMF 2016 pun optimis jika JMF 2016 akan mendapatkan antusias dari masyarakat. “Kemampuan individual dari masing-masing musisi akan kami tampilkan dengan format melayu. Ini kan menunjukkan bahwa melayu bisa diterima oleh generasi muda, dan tetap orisinal,” jelas Geisz.

Menurut Geisz Chalifah, JMF kali ini diadakan di pantai, setelah empat kali berturut-turut diadakan di dalam ruangan. Hal ini karena akar masyarakat Melayu adalah masyarakat yang hidup di pesisir, begitu juga dengan lagu lagunya. Perhelatan JMF 2016 bertajuk ’71 Tahun Daulat Negeri’ dimaksudkan untuk  memaknai bahwa festival ini digelar dalam rangka peringatan HUT ke-71 RI.

Gelaran JMF kali ini akan disulap layaknya perhelatan Java Jazz, baik dari konsep panggung maupun format acaranya. “Kami banyak berimprovisasi. Lebih banyak nge-jam, jadi kemampuan individual dari masing-masing musisi akan kami tampilkan dengan format Melayu,” kata Geisz Chalifah.

Perubahan wajah dan konsep JMF ini tak lain untuk menggaet generasi muda agar dapat menikmati acara. “Ini kan menunjukkan bahwa Melayu bisa diterima oleh generasi muda, bisa diterima orang muda tanpa kehilangan orisinalitasnya,” papar Geisz.

Untuk diketahui, Jakarta Melayu Festival (JMF) 2016 akan digratiskan agar masyarakat mengenal lebih dekat budaya Melayu. Pada event kali ini, ‘Tengokberita.com’ akan menjadi media partner dari kegiatan yang akan diramaikan pesohor musik melayu tanah air.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close