Hiburan

JMF Meriahkan 71 Tahun Indonesia Merdeka

Jakarta, Tengokberita.com – Jakarta Melayu Festival (JMF) kembali memanjakan telinga penikmat musik Melayu. Pertunjukan musik yang sudah ada sejak 2012, akan memasuki tahun kelima perjalanannya. Namun, pagelaran kali ini sedikit berbeda, panitia tidak memasang tarif bagi pengunjung yang ingin melihat pertunjukan tersebut.

Sebelumnya, panggung yang selalu dihiasi penyanyi melayu kenamaan tersebut selalu memasang biaya untuk pembelian tiket. “Kenapa gratis? Ini hadiah bagi masyarakat Indonesia untuk berpesta dengan musik melayu. Pesta kita bersama, pesta rakyat Melayu,” kata Geisz Chalifah, penggagas acara JMF.

Geisz menjelaskan, JMF sengaja untuk menggelar acaranya di bulan Agustus agar bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun ke-71 Republik Indonesia. “Acara ini sekaligus merayakan kemerdekaan sebagai pengingat bangsanya dan dalam rangka sosialisasi budaya Indonesia,” kata Geisz. JMF memilih mengusung tema “71 Daulat Negeri” berhubungan dengan umur kemerdekaan Indonesia tahun ini.

Pemilihan lokasi pun memiliki makna tersendiri dalam menjunjung tinggi nilai Melayu. Ancol Beach City dipilih karena berkaitan dengan semangat masyarakat Melayu di pesisir pantai. Tidak hanya itu, kata Geisz, JMF tahun ini berbeda dari konser-konser sebelumnya. Sebab, JMF baru pertama kali akan menggelar panggung di ruang terbuka. Kondisi itu menjadi tantangan tersendiri bagi panitia.

JMF 2016 akan dimeriahkan oleh Iyeth Bustami, Darmansyah, Hendri Lamiri, dan masih banyak lagi. Di antara sekian banyak pengisi acara, terdapat juga nama Nong Niken dan Kiki Ameera. Keduanya dianggap spesial, sebab menjadi wakil musisi yang masih terbilang muda dan mau menggeluti musik Melayu.

Masyarakat dapat mengunjungi JMF pada 20 Agustus 2016 mendatang untuk menikmati sajian musik Melayu dari para musisi tersebut di bawah orkestra Anwar Fauzi. “Kemampuan individu dan olah vokal setiap musisi akan ditampilkan sepenuhnya dengan format Melayu. Ini menjadi bukti bahwa musisi kita tidak kalah hebat dengan musisi di luar sana,” ucap Geisz.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close