NasionalSerpong

Manarul Huda (10th), Juara I MTQ Nasional 2016

SerpongOnline– Siapa yang menyangka di balik wajah polos bocah 10 tahun itu menyimpan segudang talenta. Tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, senyum canggung perlahan merekah dari bibir mungil Manarul Huda, bocah yang masih duduk di kelas lima SD peraih Juara I Tartil Murattal Qur’an Putera di perhelatan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke-26, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Manarul Huda, mtq nasional 2016
Manarul Huda, Putera Banten Juara 1 MTQ Nasional 2016

Manarul Huda adalah salah satu putera terbaik Banten. Di usianya yang sangat muda, ia mampu memberikan sumbangsih yang berharga untuk Provinsi Banten. Sambil didampingi para pengasuhnya, Ustad Samani, Manarul membopong piala yang ia dapat dengan usaha keras di Lombok, NTT.

“Senang sekali,” kata Manarul kepada wartawan, Minggu (7/8/2016).

Manarul mengaku sudah lima tahun ia belajar mengaji dalam bimbingan keluarganya. “Biasanya teteh (kakak perempuan) yang ngajarin. Terus ada Pak Ustad juga yang ngajarin ngaji,” kata Manarul.

Manarul mengaku mendapat didikan keras dalam seni bacaan dan tajwid (hukum bacaan) Qur’an. Kecintaannya terhadap Al-Qur’an membuat pelajaran membaca Al-Qur’an dilalui dengan penuh semangat dan kegembiraan.

Bukan hanya puas meraih Juara I di tingkat nasional, Manarul kecil, bercita-cita menjadi qori terbaik di tingkat dunia. “Pengen jadi juara qori dunia,” harapnya.

Juara I Syarhil Qur’an, Sarah Riska Halila yang masih 11 tahun. Gadis asal Pondok Aren, Tangerang Selatan tersebut mengaku bangga bisa membawa Banten sebagai juara umum MTQ Nasional ke-26, NTB. “Alhamdulillah seneng banget karena Allah ngasih kesempatan kita menjadi Juara I,” kata Riska.

Cabang lomba ini, menurut Riska bukan cabang yang mudah. Latihan keras mensyarah (menjelaskan arti) Al-Qur’an tersebut butuh pengetahuan yang memadai. Ia mengaku menghadapi kesulitan pada babak final ketika menghadapi kafilah dari Jawa Barat, dan Sumatera Barat.

Tahapan demi tahapan mulai dari seleksi nasional hingga final telah dilalui dengan penuh kesungguhan oleh Riska dan teman-temannya. Ke depannya, Riska berharap akan ada anak-anak Banten yang bisa memberikan sumbangsih prestasi kepada Provinsi Banten.

“Semoga ada bibit yang terbaik dari cabang Syarhil Qur’an,” harapnya.

Berikut nama-nama peraih Juara I untuk MTQ Nasional ke-26, Lombok, NTB. Mastiah Qiraat puteri, Wildan Hasani Tafsir B. Arab Putera, M. Alfath Tafsir B. Indonesia Putera, Manarul Huda Murattal Putera, M. Rif’at Al Bana 20 Juz Putera dan Syarhil Qur’an.

 Sumber : http://www.bantennews.co.id/ini-cerita-haru-juara-i-peserta-mtq-nasional-termuda-dari-banten

Tags

Related Articles

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close