KesehatanTangerang Selatan

RSU Tangsel Gelar Pemeriksaan Kesehatan Kepada Ribuan Calon Jamaah Haji

Rumah Sakit Umum (RSU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melakukan pemeriksaan kesehatan dan suntik meningitis secara maraton kepada 1.100 Calon Haji 2018 sejak 7 – 9 Mei 218.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel, Suhara Manullang mengatakan, bahwa RSU Tangsel melakukan beberapa tahap pemerikasaan kesehatan kepada calon jama’ah haji serta menerjunkan 15 dokter umum dan spesialis serta staf dari Dinas Kesehatan Kota Tangsel.

“Pemeriksaan kesehatan dilakukan mulai dengan tahapan pemeriksaan berupa berat badan, suhu badan, kesehatan organ tubuh dan penyuntikan vaksin meningitis,” ungkap Suhara menjelaskan.

Pemeriksaan kesehatan para calon jemaah haji ini, lanjut Suhara dibagi dalam tiga kelompok selama tiga hari. RSU Kota Tangsel melayani sebanyak 400 calon jemaah haji untuk melakukan pemeriksaan kesehatan setiap harinya.

“Pembagian kelompok ini dilakukan agar tidak terjadi antrean panjang. Jadi, pemeriksaan kesehatan ini bisa dilakukan secara maksimal oleh tim dokter,” katanya.

Menurut Suhara, Apabila ditemukan calon jemaah haji yang memiliki riwayat jantung ataupun penyakit kambuhan tertentu, Suhara dan tim medis juga merekomendasikan untuk dilakukan pemeriksaan ke rumah sakit swasta yang memiliki fasilitas tertentu tergantung dari rekam medis penyakit yang dimiliki oleh calon jemaah haji tersebut.

“Kami hanya sebatas merekomendasikan hasil kesehatan jemaah haji bagi yang hasil kesehatannya kurang maksimal dan perlu dilakukan pendampingan selama beribadah haji,” ucapnya.

Salah seorang calon jemaah haji Budi (56) warga Pamulang menyatakan dirinya siap secara fisik untuk berangkat menjalankan ibadah haji ke tanah suci, dan menyatakan pelayanan pemeriksaan kesehatan dan penyuntikan vaksin meningitis dalam pelayanannya sudah maksimal.

“Tidak antre panjang, pelayanannya pun baik dan dokternya pun ramah,” ujarnya.

Diketahui, untuk tahun 2018 ini, Kota Tangsel mendapatkan kuota pemberangkatan haji sebanyak 1.200 calon jemaah haji yang mulai akan diberangkatkan ke tanah suci mulai Juli 2018 mendatang. (Red*)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close