BantenEntertainKota TangerangLingkunganNasionalObrolan wargaSosial

Taman Makan Pahlawan Seribu bisa jadi Wisata

Serpong, Serpongonline.com –  Kondisi Taman Makam Pahlawan Seribu saat ini terlihat berish dan hijau disertai pepohonan yang rindang membuat udara tambah sejuk. Berada diarea dengan seluas 9835 M, memang perlunya perawatan yang lebih ekstra . Hal ini sudah menjadi tanggung jawab dan peranan pengurus serta pengelola Taman makam, Ilham Nurudin.

“Sudah 7 tahun saya mengabdi, kerja ikhlas dan tanggung jawab adalah panutannya, karena kalau tidak begini siapa lagi yang mau bekerja seperti saya,” katanya.

Selanjutnya, terkait sejarah makam tersebut sebelumnya ia menceritakan makam ini sebelumnya berada pada perempatan Cisauk, Serpong seiring penataan jalan, maka pihak Pemerintahan Kota Tangerang Selatan (Pemkot) menata makam tersebut untuk dipindahkan keberadaannya di Jalan Pahlawan Seribu.

Konon cerita kenapa dinamakan Taman makam Pahlawan Seribu ?

Menurut sejarahnya pernah terjadinya pertempuran disertai penyerbuan dari rakyat Kulon ke penjajah Belanda. Penyerbuan ini di pimpin salah satu tokoh dari Kulon yaitu K.H Ibrahim . Banyaknya rakyat yang bersatu datang dari berbagai wilayah Serang, Pandeglang, semua berjumlah lebih dari seribu orang dan terlibat dalam penyerbuan terhadap penjajah Belanda. “Pertempuran berdarah yang tidak seimbang, mengakibatkan banyaknya jatuh korban hingga ribuan dari pihak yang dipimpin K.H Ibrahim, dari sinilah asal muasal nama Pahlawan Seribu.” Ungkap Ilham Nurudin.

Untuk mengenang jasa pahlawan yang gugur dalam pertempuran tersebut, pihak Pemerintah Kota Tangerang Selatan beserta dinas yang terkait menempatkan jasad para pejuang dengan layak.

Untuk itu bukan hanya mengenang jasanya saja tetapi dengan mengetahuinya berarti tidak menghilangkan sejarah yang ada di wilayah Tangerang Selatan. Dengan adanya keterlibatan dari pihak Pemkot Tangerang Selatan dan Dinas terkait (saat ini Dinas Sosial yang berperan), ia berharap kedepannya Taman Makam pahlawan Seribu ini bisa ditambah fasilitasnya untuk dan dijadikan wisata sejarah bagi pengunjung maupun penziarah yang sengaja datan ke Taman Makam Pahlawan Seribu ini.” Jelasnya . (RYO)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close